Rabu, 15 Maret 2017

Cara Membuat Shortcut Website Pada Notepad

Cara Membuat Shortcut Website Pada Notepad




Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai sahabat blogger..
Kali ini saya akan membagikan sebuah trik agar dapat membuat SHORTCUT yang fungsinya mengarahkan ke website kita.

Pengertian shortcut adalah sebuah jalan pintas/cara tercepat untuk dapat menjalakan sebuah program yang ada pada komputer yaitu suatu sistem yang sudah terinstal pada komputer. Cara singkatnya adalah sebagai tombol pintas tercepat atau shortcut. Selain itu Shortcut juga sangatlah berukuran kecil kapasitasnya yaitu tidak lebih dari 10kb. Shortcut terkadang juga dimanfaatkan seorang peretas untuk memperlancar serangannya dengan cara otomatis membuat shortcut untuk dapat menjalankan virusnya yang berbahaya. Namun kita dapat menggunakan ini dengan bijak yaitu bagi yang males ketik alamat website. Atau males membuka dokumen yang terdapat di dalam-dalam sekali dokumen.
Kali ini saya membagikan cara membuatnya menggunakan salah satu program komputer yang terkenal dsn sangat simple, siapa yang tak mengenal NOTEPAD ? hehe..


Oke langsung saja saya beri caranya :

Langkah pertama, Bukalah Notepad pada komputer anda.

Langkah kedua, Copykan kode dibawah ini kemudian paste ke dalam notepad anda.
[INTERNETSHORTCUT]
URL=http://AlamatWebSiteAnda 
Langkah ketiga, Lalu save tersebut menjadi : " NamaFileAndaInginkan.URL "
Sebenarnya pada langkah ini sudah selesai anda membuatnya, namun alangkah baiknya untuk kita mempercantik shortcut dengan menggunakan icon.

Langkah keempat, Siapkan dahulu iconnya, kalau belum punya icon dan hanya mempunyai desain ektensi jpeg maka anda harus mengconvertnya, Cara Convert JPEG menjadi ICO
Jika sudah siap gambar Iconnya maka,

Langkah kelima, Klik kanan pada shortcut kemudian properties, Pada tab Web Dokumen pilih Change Icon.. lalu Browse.. lalu pilih icon yang sebelumnya sudah dibuat.

Maka jadilah sudah Shortcut untuk cara cepat tanpa repot-repot menulis URL yang panjang pada website.

NB: Harap jadikan satu folder Shortcut dengan Logo Icon , kalau dipindahkan maka pendeklarasian penempatan icon pada Shortcut akan menjadi tidak cocok dan alhasil Shortcut tak berlogokan icon tadi.



Semoga tutorial saya dapat bermanfaat bagi anda.
Share jika ini perlu untuk dibagikan kepada yang tidak mengerti.
Untuk mendapatkan update setiap hari masukan email anda dalam Newsletter atau Subscribe dibawah ini.
Apabila ada yang dipertanyakan harap komentar atau mengirim Form pada tombol Contact yang berada posisi paling bawah halaman untuk dikirimkan kepada email admin.

TERIMAKASIH



PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments